Cara Cepat Update WordPress Tanpa Plugin

Ada satu kewajiban yang menurut saya ga boleh ditinggakan oleh setiap pengguna engine wordpress yaitu update. Update engine merupakan salah satu faktor yang sangat penting yang harus dilakuken mengingat semakin hari tingkat kerawanan dunia maya semakin meningkat.

Engine yang tidak terupdate sekian lama, berarti membuka satu celah baru bagi penyusup (cracker) untuk leluasa mengobrak-abrik website atau blog anda. Sebab anda (admin blog) itu seperti bermain petak umpet dengan para cracker, ato lebih tepatnya seperti orang yang lagi punya utang tapi ga lunas lunas..weee sapa nih, jgn2 yang nulis lagi..wakakakakak.. kenapa? ya karena ditutup di sini, jebol di sana,ditambal disana jebol di sini gitu terus. Kita seperti beradu cepat dengan mereka.

Akan tetapi terkadang admin ogah-ogahan dalam menghapdet enginenya dengan alasan macem-macem seperti sulit, lama, repot, ga tau caranya (newbie), sibuk nganter pacar..wakakakak..ato alasan yang lain. Disini saya kataken kepada anda. Apakah anda rela mengorbanken seluruh artikel dan data2 anda yang ada didalam blog hanya karena anda ga mau meluangken waktu barang 5-10 menit saja hanya untuk menghapdtenya?? Bagaimana seandainya blog anda itu adalah blog komersil yang telah menghasilkan puluhan juta dolar yang telah membuat dapur anda ngebul lagi..hemm kayaknya terlalu didramatisir nih..he..he..he

mungkin alasan-alasan di atas ga perlu ada lagi, karena sekarang ada cara yang mudah untuk menghapdet engine wordpress. Gimana caranya..loh ko malah nanya sih..he..he..he

Caranya yaitu dengan menghabisi file wordpress anda di public html, wee kayaknya ekstrim nih..ya meskipun ekstrim tapi hasilnya juga ekstrim, alias ga bikin bete karena mudah, cepat, efektif dan efisien..kenapa?? loh nanya lagi..piye toh mas..

Karena proses update ini ga perlu nginstal plugin apapun, karena kita langsung kerja di Cpanel..langsung aja mas, ga usah berlete-lete..Oke deh, tapi hendaknya anda perhatikan dengan cara seksama dan dalm tempo yang sesingkat-singkatnya dan saya asumsikan anda telah memahami wordpress, Cpanel dan file2 yang terdapat di dalamnya, klo belum tahu gimana, ga usah khawatir nanti saya jelasken..

Sebelumnya backup dulu database anda dan download file.xml di wordpress anda melalui Tools —> Eksport

Setelah itu update engine wordpress..Begini caranya:

  1. Download versi terbaru dari WordPress di wordpress.org.
  2. Ekstrak wordpress yang baru didownload tadi, kemudian hapus folder wp-content berserta isinya, wp-config.php, dan wp-config-sample.php. Kenapa, sebab anda telah memiliki wp-config.php dan wp-content di public_html Cpanel anda yang berisi plugin theme, gambar dll. Jadi wp-config.php dan folder wp-content hasil ekstak tadi ga diperluken lagi.
  3. Login ke Cpanel, masuk ke public_html, hapus semua file-file WordPress seperti wp-admin, wp-include dll. Untuk melihat apa saja file wordpress itu, lihat hasil ekstarakan anda tadi. Itulah file yang harus dihapus. Tapi ada 2 yang ga boleh dihapus wp-config.php dan folder wp-content. Perhatian:
    File yang bukan file wordpress seperti .htaccess, sitemap.xml, robot.txt dll jangan dihapus (Ingat hanya file WordPress yang dihapus terkecuali wp-config.php dan folder wp-content)
  4. File2 wordpress yang telah dihapus tadi akan digantikan dengan file wordpress yang sama akan tetapi dengan versi yang terbaru yaitu dengan cara upload semua file wordpress terbaru ke public_html, bila ingin cepat kompress terlebih dulu, upload dan ekstrak di public_html, jangan lupa untuk menghapusnya setelah selesai diekstrak.
  5. Selesai
Mudah-mudahan aja keliatan gambarnya..he..he..he
Mudah-mudahan aja keliatan gambarnya..he..he..he

Untuk mengeceknya, silahken login ke wordpress anda, kemudian lihat versinya dipojok kanan bawah dan selamat menggunakan wordpress versi terbaru..

Saya sendiri telah menggunakan cara ini sebanyak 2 kali yaitu saat menghapdate ke wordpress versi 2.8.3 dan versi 2.8.4 dan keduanya berhasil..

Semoga bermanfaat

Src: http://www.adipedia.com/cara-cepat-update-wordpress-tanpa-plugin/

8 thoughts on “Cara Cepat Update WordPress Tanpa Plugin

  1. Salam knal gan…🙂
    Mkasih banget tutorialnya gan, soalnya tadi smpat error waktu update blog gue secara otomatis.
    Tapi stelah berkat prtolongan mas mlalui artikel ini, update blog gue jadi sukses tanpa ada masalah…

    Thanks banget ya gan…

    • di extract dulu di lokal, baru kemudian di unggah. Atau, kalau ada akses SSH, silakan di gunzip atau di tar di remote.

      terimakasih,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s