Saatnya Go Open Source Secara Profesional

Ceritanya begini ni, Sob..

Selama ini saya hidup di dunia open source, belajar sebagai otodidak, dan berkembang di forum.

Oleh karena itu, saya gak pernah jualan source, karena semuanya open. #halah

Idenya begini:

Jualan produk (source) = pedagang

Jualan service (teknisi / web service) = profesional

Kalo jadi pedagang, daganganmu bakal dibandingkan dengan dagangan lain secara habis-habisan.

Kualitas dan harga.

Pasar terbuka itu sangat buruk pengaruhnya!

Kalo jadi profesional, kamu bisa pasang harga sendiri berdasarkan kemampuanmu, walaupun pakai produk open source.

Pelayanan after-sales kadang2 menjadi komoditas yang penting.

Gak semua pemakai itu ’geek’ kayak member2 di milis ini… #hahaha

Kalo kamu sudah dianggap Pro / Master dalam hal tertentu, orang bakal selalu inget sama kamu, Deny Prasetia, jagoan web PHP di bidang blablabla.

Orang bakal tetep nyimpen nomor hape kamu, dan akan nelpon lagi kalo butuh.

Kalo bikinnya gak bener, paling juga nomor hape mu didelete dari Contact Numbers.😛

Kalo barang dagangannya bagus, orang akan mencari crack/ key, supaya bisa dapet sourcenya secara GRATIS.

Mampus gak tuh programmernya!

Sad but true, that’s the world we live in.

Kalo pun ada pembeli yang jujur, yang dia inget cuman nomor telpon Customer Service toko jualannya, dan gak perlu tau siapa programmer yang cape2 bikin.

Pokoknya kalo rusak, ganti!

Kalo gak ganti, bakal gw jelek2in produk elo di forum.

Coba liat tuh Zahir .

Liat FORUMnya, jangan denger salesman-nya.

Udah kebayang, blon?

Special thanks to rico @ phpug.or.id

Tambahan:

Kalo kastem, kira-kira aja berapa hari ngerjainnya, tinggal kita kali
standar hourly yang kita pasang.

Misal:
=====================
CMS (eg: Drupal/Joomla/WordPress/MODX/SilverStripe) = gratis.
Template = gratis, tapi installasinya butuh expert.
Anggep instalasi templatenya = 2 hari x 10 jam x Rp 50.000 (gak tau pasaran,
anggep aja segitu)
PS:
Kalo MODX, installasi template adalah pure HTML, jadi sebenernya bisa jadi
2-4 jam kalo udah ada design.😛
Total biaya diluar hosting/domain = Rp. 1.000.000,-
Ini diluar Maintenance / Troubleshoot untuk 1 tahun, misalnya.
Pasang harga maintenance kurang lebih
– Rp.500.000,- per visit, atau
– Rp.500.000,-/hr per call

Silahken negosiasi, tergantung jarak dan waktu pelayanan.🙂
Kalo berani, jangan dilayani kalo gak ada ketentuan beginian, kecuali mo
nanggung ongkos sendiri karena teman/sodara.😛

=====================
Naaahhh… kalo udah main kastem,
CMS = gratis,
Professional engineering / Template Design + Module Development =
Rp.500.000,- (atau US$50) x 6 hari x 10 jam = Rp. 30.000.000,-
That’s including 1 yr free maintenance.
Catatan: harga di atas tentu saja abstrak, tergantung kemampuan kamu
masing-masing, besarnya team, dan berani pasang harga berapa.
Sertifikasi2 / CMS Partnership tentu bisa jadi penjamin bahwa kamu adalah
*memang* expert.
PS:
US$50/hr adalah bocoran yang saya tau dari programmer ekspor.
Ada juga yang berani kasih harga US$75/hr.
Kalo yang lokal, gak pernah ada yang mau ngebocorin formulanya. #hahaha
=====================
Kalo ada inhouse CMS,
Paid CMS = Rp. 2 juta / installment (atau lebih, tergantung investasi yang
udah ketanem…😀 )
Harga profesionalnya udah pasti lebih mahal, karena emang jarang.
=====================

Semenjak makin berkembangnya Open Source Content Management System, kita gak
bisa enggak, harus pintar2 cari makan.
Jadi, kalo emang mau semuanya gratisan, kasih aja.
Jangan protes kalo ada desain yang sama, dan feature yang standar.
Jangan protes juga kalo ada bug di situsnya: silahkan update sendiri.
Yang paling sopan, suruh aja bikin blog jualan di wordpress.com ato
blogger.com, ato di facebook sekalian.

Jangan buang-buang waktu kamu.
Harga Pertamax udah naik, bentar lagi gak boleh pake Premium!

#bukabukaanajadah

Special thanks to rico @ phpug.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s