Science: Teknik Sederhana Menjernihkan Air

Akhir-akhir ini air bersih sangatlah sulit didapatkan, ada metode jaman dulu yang mudah dan murah..

Peralatan yang diperlukan antara lain dua buah bak, pecahan genting, pasir, kerikil, ijuk, arang, selang plastik/paralon, serta ember. Sedangkan bahan pendukungnya berupa kaporit, tawas, dan batu kapur.

Bak bisa berupa drum bekas oli, atau drum/bak plastik yang bisa dibeli di toko-toko peralatan rumah tangga. Bak tidak ditumpuk, tapi bagian dasar bak A (bak pengendapan) harus lebih tinggi daripada bagian atas bak B (bak penyaringan).

metodenya
Pertama kali, isilah bak B dengan beberapa media penyaringan. Kalau diurutkan dari bawah, yang pertama dimasukkan adalah lapisan ijuk (tinggi lapisan sekitar 5 cm), lapisan arang (10 cm), lapisan ijuk lagi (5 cm), lapisan kerikil (5 cm), pasir (15 cm), dan pecahan genting (5-10 cm).

Bak A digunakan untuk memasukkan air baku, dan hasilnya akan disaring pada bak B. Karena itu, bagian bawah bak A (sekitar 10 cm dari dasar) perlu dibuat lubang.

Lubang ini harus disumbat saat memasukkan air baku, kemudian dihubungkan ke bak B melalui selang plastik saat penyaringan akan dimulai. Penggunaan selang bisa diganti dengan paralon (pipa PVC) berdiameter kecil, dilengkapi dengan keran untuk membuka atau menutup hubungan antarbak.

Mengapa bak A harus disumbat dulu? Sebab harus ada proses pengendapan di bak A, sehingga air baku tidak boleh masuk dulu ke bak B. Dalam proses pengendapan ini diperlukan beberapa zat kimia, seperti kaporit, tawas, dan batu kapur.

gambarnya:

selamat mencoba dan berkreasi.

source: auliabarlianta @ http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3687832

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s