Prestasi: Hanya 15 Org yg Mampu Melakukannya di Dunia, 3 Org Indonesia (Solve 5x5x5 bld)

saya dapat info dari teman2 cuber yg mengikuti lomba cube di Jakarta Open 2010 di fx mall, jakarta tanggal 30-31 Januari 2010..

Muhammad Iril berhasil memecahkan rekor dunia #1 cabang Multiple blindfolded yang sebelumnya dipegang oleh warga kebangsaan China, Tong Jiang saat Beijing Summer Open 2009, 16 Agustus 2009 lalu..

sebetulnya apa itu blindfolded??

blindfolded itu adalah cabang dari lomba rubik’s cube 3x3x3 namun harus diselesaikan dalam keadaan mata tertutup… waktu penyelesaian dihitung dari saat melakukan memorisasi (menghafal kondisi dalam mata terbuka) sampai dengan eksekusi (penyelesaian dengan mata tertutup).. setelah peserta telah yakin bahwa rubik’s cube nya telah selesai alias solve, peserta lgsg melepaskan penutup mata dan waktu tersebut dicatat jika solve, jika tidak maka dinyatakan DNF (did not finished)

dan apa itu multiblindfolded??

multi blindfolded juga salah satu cabang pemainan dalam lomba rubik’s cube yang mirip dengan blindfolded solving, namun perbedaannya adalah yang diselesaikan bukan satu rubik’s cube, melainkan lebih dari satu!!!jumlah rubik’s cube yang diselesaikan dapat ditentukan oleh peserta itu sendiri sebelum pertandingan dimulai.. dan diberi kesempatan maksimal 1 jam untuk menyelesaikan semua cube tsb.
nilai yang dihasilkan adalah jumlah cube yang solve/ total cube yg diselesaikan..nih adalah foto dari lomba multiblindfolded yg dipecahkan oleh Wicaksono Adi yg mendapatkan rekor dunia#2 saat Indonesia Open 2009 (maaf bwt mas wicak saya copy di profil page rubikku ny )

rekor baru yang dipegang oleh Muhammad Iril Khairul Anam ini dipecahkan dengan menyelesaikan 16 rubik’s cube sekaligus dengan waktu 56 menit!!!kita harus bangga bahwa Indonesia memiliki bakat yang tak ternilai dalam “mainan kotak-kotak yang begitu unik” ini
Quote:
Originally Posted by DavidWoner
I think its fair to say that Indonesia is the new Germany.

oh rupanya dari sini

Quote:
Selain kedua nama di atas masih banyak putra bangsa yang berprestasi dalam permainan ini. Saking pesatnya prestasi mereka, Indonesia menggeser Jerman yang dikenal penuh jago permainan kubus Rubik. Hal ini diakui oleh komunitas internasional penggiat kubus Rubik.
Quote:
Originally Posted by fazrulz
Woah. incredible.

neh post dari Erik Akkersdijk(pemegang rekor dunia #1 rubik’s cube 3x3x3 dan 2x2x2

Quote:
Originally Posted by Erik
dang 16/16 in less than one hour, congrats!
Quote:
Originally Posted by xXzaKerXx
wow..gratz. all indonesian are pro Multi-BLD-ers, aren’t they?yay 111th post!!~
Quote:
Originally Posted by Inf3rn0
Woa! That’s beast.Chuck you’re still a pro .How long until someone breaks it is what i ask.
I can’t even imagine how crazy a 16/16 memo is. I could barely do 2 i rekon anymore and my brain would fail.

Quote:
Originally Posted by Mike Hughey
Wow, 16/16 is totally amazing, congratulations!And yes, Indonesia appears to be the capital of multiBLD, for now.

nehlah muka sang pemegang rekor dunia terbaru

UPDATE

ini adalah sepatah kata dari WR#1 MBLD, M.Iril dri forum rubikku

Spoiler for sepatah kata dari Iril:
Quote:
Originally Posted by GW TOLOL
mas saya turut sedih hasil MBLD mas 8/15menurut pendapat saya mas terlalu banyak tekanansehingga terlalu memaksa… menurut saya lho

kalau saya bebas tanpa tekanan apapun, tanpa paksaan… bahkan Abel yg minjemin cube ke saya ampe 14 biji (gk mampu beli soalnya saya) cuma nyuruh saya mencoba doank, gk memaksa mecahir WR….. saya jadi lega

contohnya jujur saya ngincer banget AsR untuk BLD 4×4….. tapi hasilnya malah DNF total, karena terlalu nafsu
kapan lagi coba dapat kesempatan seperti itu, di gathering pun 2x mencoba hasilnya 11/16 dua-duanya

jadi saya bisa sukses di MBLD ini karena ‘nyantai’

dan saya pikir beruntung, scramblenya gk sesusah saya latihan….. suasananya pun tenang

saya punya satu keuntungan, ‘mata saya minus’…. (juga kekurangan)

jadi saya gk grogi sama sekali dilihat orang-0rang, toh saya gk merasa dilihatin

dan menurut saya pak RF gagal, karena beliau terlalu nafsu mecahin WR………. peace ya pakRF^^

ayo donk disharing metodenya ke kita, mungkin kita semua anggota rubikku bisa membantu kesulitan bapak dimana

jangan takut dicolong

atau kalau ada yg ngaku-ngakuin, biar ntar saya siksa seperti korbannya Jigsaw

Quote:
Originally Posted by chuck
Yup, selamat lagi buat Iril utk CR-nya! =] Selamat juga utk Aldo yg juga berhasil solve 5×5 BLD dalam 38 menit, sehingga mjd juara 2. Saya sendiri hanya solve dalam 42 menit. Terharu juga melihat dulu Aldo jatuh bangun krn selalu DNF di 5×5 BLD, tapi kali ini dia berhasil.
LUAR BIASA YA INDONESIA, yg ikut 5×5 BLD cuma 3 orang tapi solve semua. Padahal selama ini hanya 12 orang DI DUNIA yg bisa solve 5×5 BLD di official competition!
MAJU TERUS INDONESIA!

Jika kami bisa, Anda pun bisa =]

Terima kasih untuk Abel Brata yang minjemin ke cube ke saya ampe 14 buah
tanpa bantuan dari beliau, saya gk akan pernah latihan MBLD

dan thx juga untuk mas Arnold yg minjemin ES 5×5 ke saya ampe stikernya bulukan
kalau gk saya gk pernah belajar BLD 5×5

untuk men-men atas QJ yang saya pake pas BLD 4×4, biarpun DNF smua

untuk kingman dan chilwin yang minjemin Vcube ke saya untuk BLD 5×5,,,, kingman yang DNF, dan chilwin yang solve ^^

saya bener-bener gk modal ya…..

wah ternyata Iril juga kaskuser loh..
thx for arsenal1886 dah VM ane

Quote:
Originally Posted by arsenal1886
gan, kayaknya iril juga kaskuser deh
http://www.kaskus.us/member.php?u=725202
masukin ya di trit agan di page 1

neh, liputan6.com uda bkin beritanya
silahkan buka : liputan6 dan yahoonews

ane telah mendapatkan hasil dari Jakarta Open 2010 kamaren…
Indonesia mendapatkan prestasi yg luar biasa..
di antaranya Peringkat 1 dunia menyelesaikan multi cube dgn mata tertutup yg dilakukan Muhammad Iril Khairul Anam dengan menyelesaikan sempurna 16 rubik’s cube sekaligus dalam waktu 56menit 54 detik..

dan ternyata selain rekor di atas, ternyata Indonesia telah menjadi 3 orang di antara 15 orang di dunia yang mampu menyelesaikan 5x5x5 (atau biasa disebut professor cube) dengan mata tertutup..

semula hanya 12 orang
diantaranya :

Rank Person Result Citizen of
1 Chris Hardwick 15:22.00 USA
2 Rafal Guzewicz 15:43.00 Poland
3 Mike Hughey 17:27.00 USA
4 Mats Bergsten 23:47.00 Sweden
5 István Kocza 24:54.00 Hungary
6 Daniel Beyer 25:53.00 USA
7 Ryosuke Mondo 26:30.00 Japan W
8 Lars Vennike Nielsson 33:54.00 Denmark
9 Maarten Smit 48:33.00 Netherlands
10 Clément Gallet 52:06.00 France
11 Bernett Orlando 55:39.00 India
12 Stefan Pochmann 2:34:36.00 Germany

setelah pertandingan kubus rubik berbasis internasional, Jakarta Open 2010, 3 orang yang mendaftar dalam cabang 5x5x5 blindfolded (mata tertutup), yaitu Muhammad Iril Khairul Anam, Aldo Feandri, dan Wicaksono Adi, ternyata mereka bertiga behasil menyelesaikannya,..

dan inilah hasil dari ketiga atlit olahraga otak dari Indonesia kita yg tercinta saat mengikuti Jakara Open 2010tgl 30-31 Januari 2010 kemarin..

Rank Person Result Citizen of
1 Muhammad Iril Khairul Anam 24:10.20 Indonesia
2 Aldo Feandri 37:57.80 Indonesia
3 Wicaksono Adi 42:41.11 Indonesia

dari hasil di atas, Muhammad Iril Khairul Anam akan menduduki posisi kelima dunia dan posisi pertama se-Asia, dan diikuti oleh Aldo Feandri dan Wicaksono Adi pada posisi 10 dan 11 dunia..

dengan ini, Indonesia telah mengukir sejarah perubikan dunia dalam menyelesaikan 5x5x5 dengan mata tertutup..
hanya 15 orang, dan 3 di antaranya dari Indonesia dan baru terjadi kemarin..

sumber :
5x5x5 bld records : http://www.worldcubeassociation.org/…/e.php?i=555bf
5x5x5 bld on JO result : thx to fingertrix for post on rubikku

CruXx @ http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3279994

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3268954

4 thoughts on “Prestasi: Hanya 15 Org yg Mampu Melakukannya di Dunia, 3 Org Indonesia (Solve 5x5x5 bld)

Leave a Reply

