Entrepreneur: Dari sinilah para pendiri website raksasa memulai bisnis mereka

Belakangan ini makin marak dengan situs / website yang dulunya ga’ begitu terdengar tiba-tiba menjadi booming di seluruh kalangan masyarakat. Sebut saja facebook, situs yang begitu ramai diperbicangkan berbagai kalangan ini toh dulunya tidak pernah ada yang menyangka akan segencar sekarang (bahkan oleh pendirinya sekalipun).

Pertanyaannya adalah darimana sajakah website tersebut terlahir ???

Nah ini dia jawabannya


————————————————————————————–

* Google

Pendiri : Larry Page dan Sergey Brin
Tempat memulai bisnis : Dalam sebuah garasi
Larry dan Sergey memulai dengan nama BackRub. Namun Larry dan Sergey memutuskan bahwa mesin pencari BackRub membutuhan nama baru. Setelah beberapa brainstorming, mereka mengganti dengan Google – sebuah kesalahan dari kata “googol,” sebuah istilah matematika untuk angka yang diwakili oleh angka 1 yang diikuti oleh 100 nol.

* Facebook

Pendiri : Mark Zuckerberg
Tempat memulai bisnis ini : Di Asrama Kampus Harvard
Facebook terlahir karena hobi hack dan programming Zuckerberg .
Dia masuk ke pusat perhatian ketika dia menolak tawaran $ 1 miliar dari Yahoo. Kemudian ia menurunkan harga dengan $ 240 juta dolar sesuai kesepakatan, Microsoft memberikan 1,6% saham di Facebook dan meningkatkan penghasilannya menjadi $ 15 milyar.

* Runescape

Pendiri: Andrew Gower
Tempat memulai bisnis: Dari sebuah kamar tidur di rumah orangtuanya di Nottingham.
Dia telah terlibat dalam pengkodean untuk permainan sejak masa kecilnya. Dia memiliki kegemaran game penjara bawah tanah. Dia awalnya mulai Runescape sebagai hobi, dan kemudian menghasilkan uang situsnya dan ternyata usaha bisnis yang sukses.

* PopCap Games

Pendiri : John Vechey, bersama dengan Brien Fiete dan Jason Kapalka
Tempat memulai bisnis : Di kantornya
John Vechey, bersama dengan Brien Fiete dan Jason mendirikan PopCap Games pada tahun 2000. Mereka sebelumnya bekerja dengan website internet permainan seperti flipside dan pogo. Game pertama yang mereka produksi ialah Bejeweled, yang menjadi hit besar, dan menerima sejumlah penghargaan.

* Threadless

Pendiri : Jack Nickell bersama-sama dengan Yakub DeHart
Tempat memulai bisnis : Dari sebuah apartemen studio
Jack Nickell bersama-sama dengan Yakub DeHart ( kuliah putus), mulai membangun threadless ketika mereka masih bekerja pada pekerjaan tetap mereka. Sang mitra memberikan $ 500 sebagai investasi awal. Sekarang perusahaan pendapatan tahunan sampai-sampai sebesar $ 50 juta.

* Biz Chair

Pendiri : Sean Belnick
Tempat memulai bisnis : Dari kamar tidur
Dia mulai dengan modal $ 500, dengan persediaan awal 50 produk. Sekarang perusahaan dengan 75 karyawan ini menjual lebih dari 25.000 produk secara online. Dia menjual perabot kantor, perabot rumah, perabot sekolah dan peralatan medis di toko online. Microsoft, Google dan American Idol adalah satu di antara beberapa dari klien terkenal mereka.

* Digg

Pendiri : Kevin Rose
Tempat memulai bisnis : Dalam apartemennya.
David Prager (The Screen Savers, This Week in Tech), awalnya ingin menelepon situs “Kategori Iklan”, tapi Kevin Rose menginginkan nama yang lebih sederhana. Dia memilih nama “Digg”, karena pengguna dapat “menggali” cerita, dari yang diajukan, sampai ke halaman depan. Situs itu disebut “Digg” bukannya “Dig” karena nama domain “dig.com” sebelumnya telah didaftarkan oleh Walt Disney Internet Group.

* PlentyOfFish

Pendiri : Markus Frind
Tempat memulai bisnis : Di kantornya
Kembali pada tahun 2001 setelah ulang tahun seseorang di kantor memperkenalkannya kepada situs kencan online. Dia kembali ke mejanya dan mengecek udate.com dan kiss.com dan Lavalife / web personals. Dia bosan dan Dia ingin chatting dengan orang-orang. Dia benar-benar kesal ketika dia tahu Anda harus membayar untuk segala sesuatu, ia akhirnya memberitahu gadis yang memperkenalkan kepada situs yang ia bisa berbuat lebih baik dan membuat mereka secara gratis, jadi ia pergi dan terdaftar Plentyoffish.com.

* Voltage

Pendiri : Rishi Kacker dan Matt Pauker
Tempat memulai bisnis : Dalam sebuah kantor di ruang bawah tanah bangunan teknik
Rishi Kacker dan Matt Pauker bekerja pada teknologi sebagai proyek riset musim panas ketika menghadiri Stanford. Mereka memasuki sebuah kompetisi rencana bisnis mereka memenangkan kontes. Dengan bantuan beberapa eksekutif berpengalaman, kedua telah menciptakan keamanan yang berkembang bisnis perangkat lunak dengan lebih dari 130 pelanggan bisnis besar dan 75 karyawan. “Itu masih menakjubkan bagi saya,” kata Pauker.

* YouTube


Pendiri
: Chad Hurley
Tempat memulai bisnis ini : Di kantornya
Setelah pesta makan malam yang menentukan itu, di mana Hurley dan Chen ingin menciptakan cara yang lebih mudah untuk berbagi video malam, mereka segera pergi untuk bekerja di kantor menciptakan jawabannya. “Pada bulan Februari, kami mulai mengembangkan produk,” kata Hurley. “Pada bulan Mei, kami telah preview publik pertama kami. Dan pada bulan Desember, kami resmi meluncurkan YouTube. Pada waktu itu kami melayani lebih dari tiga juta video sehari. “

* FastHost

Pendiri : Andrew Michael
Tempat memulai bisnis : Dari kamar tidur
Ia menjadi multi-jutawan setelah menjual bisnis internet ketika tumbuh sebagai seorang remaja. Fasthosts mulai menajak sebagai sebuah proyek bisnis internet di usianya yang ke 17. Dengan penjualan Fasthosts, Mr Michael kekayaan telah meroket sampai £ 47m

* WhatEverLife

Pendiri: Ashley Qualls
Tempat memulai bisnis
: mulai di dapurnya kantor.
Memulai usahanya pada tahun 2004 dengan $ 8 nama domain dan sebuah komputer tua, pada usia hanya empat belas tahun.

* eBay

Pendiri: Pierre Omidyar
Tempat memulai bisnis: Di rumah Pierre Omidyar
Tidak ada banyak situs di internet yang dapat mengklaim sukses yang eBay dinikmati. Nama pertama eBay digunakan adalah Echo Bay Technology. Ketika perusahaan mencoba untuk mendaftarkan nama domain echobay.com, mereka menemukan bahwa hal itu sudah digunakan. Mereka memendekkan namanya menjadi eBay.com dan Situs inipun dilahirkan.

* LinkedIn

Pendiri: Reid Hoffman
Tempat memulai bisnis : Di ruang tamu
LinkedIn resmi didirikan pada tahun 2003. Situs ini diluncurkan pada 5 Mei. Website ini semakin ramai ketika pendirinya mengundang sekitar 350 dari mereka yang paling penting kontak untuk bergabung. Pada akhir bulan pertama beroperasi, LinkedIn memiliki total 4.500 anggota dalam jaringan.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran bagi kita semua.

Sumber: Icewalk @ http://www.kaskus.us/showthread.php?p=159298978&posted=1#post159298978

SUMBER

One thought on “Entrepreneur: Dari sinilah para pendiri website raksasa memulai bisnis mereka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s