20 Ide Blog Unik

https://i0.wp.com/blogs.worldbank.org/files/governance/image/blog%20board.jpg

Blog yang tadinya hanya berupa jurnal pribadi yang berisi uneg-uneg sehari-hari, kini telah berubah wujud menjadi sarana penerbitan yang stabil. Yang tadinya merupakan solusi pribadi, kini telah diadopsi untuk kepentingan profesional, bahkan komersial.

Bila berbicara profesional, tidak akan jauh dengan masalah monetisasi. Memang dukungan iklan lokal untuk blogger Indonesia masih terbilang kurang, tapi bukan berarti kita tidak bisa menyajikan blog-blog berkualitas yang berbahasa Indonesia.
Berangkat dari inisiatif untuk menjadi blog yang unik dan berbeda dibanding blog pada umumnya. Berikut ini beberapa ide blog unik yang (masih) bisa diterapkan:

1. Catatan Perjalanan atau Napak Tilas

Dari Sabang sampai Merauke bukannya hanya sebuah lagu, melainkan sebuah perjalanan panjang. Mungkin blog semacam ini bisa dianggap sebagai blog wisata dan mungkin juga cocok bagi anda yang sering ditugaskan keluar kota/daerah. Tidak ada salahnya untuk mengantongi kamera untuk mengambil gambar.

2. Blog Prestasi atau Tujuan

Pernahkah anda mendengarkan cerita tentang perjalanan seseorang yang bermodal klip kertas berwarna merah, dan akhirnya dengan barter sana-sini mendapatkan sebuah rumah? Atau resolusi anda di 2009, lengkap dengan tantangan dan catatan tiap kemajuan yang diperoleh?

3. Blog Profesi Unik

Anda mempunyai profesi yang unik, mungkin saja tukang masak hotel berbintang atau seorang akuntan perternakan ayam? Apa saja yang bisa dinikmati dari profesi anda yang unik dan bisa diceritakan dalam bentuk tulisan dan gambar. Mungkin politik dalam ruang lingkup pekerjaan?

4. Blog Alter Ego

Tempatkan dirimu pada profesi seseorang yang kau idolakan, mungkin presiden kita, atau CEO perusahaan ternama. Apa langkah anda yang mungkin bisa serius, kontroversial, atau bahkan hanya berupa humor semata. Pernah dengan Fake Steve Jobs? Perlu diingat untuk selalu berhati-hati dan tidak merugikan nama orang lain, serta mengerti hukum yang berlaku.

5. Blog ‘Penghasilan Lewat Blog’

Mungkin tanggapan anda yang pertama adalah “koq ini lagi”. Memang sih, tipe blog yang satu ini memang sering mengundang perdebatan, karena kadang menyandang istilah “Internet Marketer” atau “Online Marketer” yang benar-benar salah kaprah (dan menodai SEO). Tapi apa salahnya bila anda menulis dokumentasi, mulai dari modal awal memulai blog, lengkap dengan perincian pengeluaran, seperti biaya warnet, laptop, termasuk juga pendapatan yang diperoleh online. Karena yang saya lihat selama ini banyak blog yang saling bingung sendiri untuk meramaikan blognya, dan lupa untuk menyajikan konten yang berkaitan.

6. Blog Kritik Selebriti

Yang satu ini sebenarnya bukan ide orisinal saya, melainkan dari pengamatan kasus Perez Hilton. Dia adalah blogger kondang untuk urusan selebriti, bisa dibilang lumayan berkuasa. Meskipun blognya berisi penuh cercaan, namun para selebriti akhirnya juga harus berbaur dengan blogger yang satu ini. Kunci suksesnya adalah mempunyai kepribadian unik dan berarti tanggung jawab dengan semua celotehannya. Siap bertanggung jawab?

7. Blog Ulasan Film

Mungkin sudah banyak dijumpai blog seperti ini, tapi yang kurang adalah penulis yang mengerti benar tentang film, aktor, dan seni perfilman. Ulasan film tidak hanya dinilai dari alur cerita, tapi juga akting para aktornya. Bagaimana bila dibandingkan dengan film sang aktor sebelumnya? Atau mungkin film ini merupakan produksi ulang, bagaimana dibanding dengan sebelumnya? Mungkin ceritanya diangkat dari sebuah novel, apakah sesuai harapan para pembaca novel. Satu yang paling penting, bagaimana pendapatmu? Bukan hanya bagus, jelek, atau layak tonton. Pembaca butuh opini lebih!

8. Blog Fashion

Mungkin tidak semua mempunyai kesempatan untuk berdiri di samping karpet merah, melihat para selebriti meliuk dengan busana dari para perancang terkenal. Tapi bila anda adalah seseorang yang paham akan busana, apa salahnya bisa berkomentar. Tidak hanya perancang busana terkenal, tapi juga perancang muda, atau lokal yang masih perlu mendapatkan banyak sorotan. Pernak-pernik busana sangatlah banyak untuk diulas, mulai dari sepatu, baju, dan perhiasan, dan sebagainya.

9. Blog Busana Pria

Jangan lupa akan tren metrosexual, dimana cowok juga tidak mau ketinggalan tren. Saya yakin beberapa dari kalian belum tentu bisa mengikat dasi. Mungkin cocok untuk mengulas tas kerja yang unik, aman untuk laptop, atau tip busana untuk wawancara kerja?

10. Blog Seni Lokal

Bila anda terjun dibidang seni, bagaimana dengan perkembangan lokal, mungkin juga bisa mengangkat inspirasi dari luar dengan laporan khusus. Banyak seniman lokal yang perlu mendapat sorotan, bahkan projek baru, hanya dengan lewat media internet. Kenapa tidak? Grafik khan bukan suatu bahasa asing.

11. Blog (Motor)sport

Permasalahan blog mobil yang sudah ada adalah kebiasaan mendaur-ulang berita yang sudah ada dari sumber-sumber umum. Dunia otomotif atau motorsport tidak hanya meliputi Formula 1, Grand Prix, atau mobil keluaran terbaru. Masih banyak topik otomotif lainnya yang menarik, seperti JGTC, LeMans, autoshow, atau budaya otomotif lainnya.

12. Blog Test Drive

Bagaimana kalau lompat dari showroom mobil satu ke showroom mobil lainnya, hanya untuk test drive mobil terbaru? Aneh yah? Mungkin! Tapi konsumen perlu pendapat jujur tentang mobil yang akan dibelinya, mulai dari perubahan baru, fitur terbaru, kenyamanan, atau konsumsi bahan bakar yang bukan hanya penyataan pabrik. Bagaimana bila dibanding mobil sekelas lainnya?

13. Blog ‘Cabang Olah Raga

Silahkan pilih satu cabang olah raga yang anda gemari, bila olah raga ini sudah umum, silahkan memilih satu liga yang anda favoritkan, atau satu tim idola anda. Anda bisa mengulas berita pertandingan, sejarah, berita di sekitar klub, liga, atau bahkan pemainnya. Bicaralah tentang ‘cabang olah raga‘ sepenuhnya dengan dedikasi.

14. Blog Tutorial Orisinal

Anda punya produk aplikasi atau operating system favorit? Bahasa programming baru? Mungkin anda juga tahu seluk beluknya daripada orang lain? Inilah saatnya berbagi sedikit tutorial, tidak hanya hasil daur ulang dari blog barat. Anda bisa mendapatkan berita, kenapa yang lain tidak bisa? Kalau memang begitu, apa gunanya tulisan anda? Yang orisinal donk!

15. Blog Gallery Lokal

CSS Mania dan sejenisnya, tapi khusus produk lokal. Baik web, aplikasi, dan lainnya yang berkaitan. Yang satu ini memang agak kabur akan potensinya, karena sesuatu yang berhubungan dengan web sudah dianggap global, mungkin hanya format yang perlu dibenahi, bukan bahasa.

16. Blog IT Korporat

Dunia teknologi informasi termasuk baru di Indonesia, bila dilihat dari segi pengguna. Untuk mengantisipasi pengguna baru, apa salahnya bila kita mengulas kepentingan korporat, dengan menyajikan solusi yang hemat biaya, tenaga, dan tenaga kerja. Mungkin cocok bagi yang telah mempunya usaha yang berkaitan.

17. Blog Pajak

Sudah punya NPWP belum? Apakah bingung sewaktu mendaftar? Sadarkan betapa simpang siurnya informasi untuk urusan sepele ini. Sudah sadarkah anda tentang dampak NPWP dengan beban pajak anda di kemudian hari? Mungkin tidak terlalu berbeda bagi para pegawai, tapi bagi pengusaha? Bagaimana bila membahas tip praktek pajak yang benar?

18. Blog CEO (atau Manajer)

Bila anda seseorang yang mengelola suatu perusahaan, mungkin bisa berbagi apa saja keluh kesah anda. Mungkin juga beberapa tip yang membantu. Tidak semua harus tertutup dibalik tirai perusahaan khan? Mungkin cara mendepak pegawai yang tidak produktif, tanpa melukai hatinya?

19. Blog Visual

Yang dimaksud dengan blog visual adalah blog yang mengutamakan foto atau gambar sebagai sajian utama. Blog ini cocok untuk fotografi, fashion, automotive, atau desain. Kadang tidak perlu banyak penjelasan tentang suatu gambar khan?

20. Blog Konsumen

Blog yang membahas wewenang anda sebagai konsumen, seperti penipuan dalam proses jual beli. Kadang sebagian konsumen perlu menjerit lebih lantang akan problema yang dihadapinya, sekaligus membantu konsumen lain untuk tidak terperosok di lubang yang sama. Siap-siaplah menilai fakta sebelum diterbitkan.

Tip-Tip Lain

Bila anda perhatikan di atas, banyak blog tersebut sudah ada. Namun cara penyajiannya yang gagal, atau orientasi penulis yang berbeda, tidak membuat blog tersebut jadi berkualitas. Blog di atas pasti mempunyai kemungkinan sukses yang lebih besar, bila:
  • Unik dalam penyajian – Entah dari sudut pandang yang baru atau tambahan opini penulis.
  • Profesional dalam penampilan – tidak terlalu bingung dengan pendapatan, terutama pada awal mulanya.
  • Serius dalam pengelolaan – Dengan kata lain, bila memang harian, maka berjanjilah untuk menerbitkan suatu yang baru tiap harinya. Bila tidak mampu? Apa salahnya untuk bekerja sama ala NavinoT?
  • Mengerti media sosial – Baik manfaat dan pelaksanaannya.
  • No Personal Crap! – 10% saja cukup, atau hanya sebagai artikel akhir pekan.

Sumber: http://eolhs.blogspot.com/2010/01/20-ide-blog-unik.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s