10 Langkah MURAH dan MUDAH untuk Rumah Sehat

Oleh : Abimantra Pradhana. ST, MAUD

•1. Naikkan Temperatur AC,

Setiap derajat yang kita naikkan pada AC dirumah maka itu akan akan 3-4% biaya penghawaan. Dengan menaikkan 2 derajat stiap tahunnya, maka kita kan menghemat 2000Pon CO2 di udara, belum termasuk penghematan biaya PLN.

•2. Slowcooker/toaster

Gunakanlah kompor gas atau pemanggang  non elektrik, setiap makanan yang membutuhkan 1 jam untuk memasak menggunakan kompor elektrik membutuhkan 2.7 pon CO2.

•3. Beralih ke laptop

Seperti kata mas Tukul, “Kembali ke Laptop” bisa berarti penghematan besar. Laptop hanya membutuhkan ¼ konsumsi listrik dibandingkan desktop PC  biasa. Dan jangan lupa untuk mematikan Laptop ketika tidur.

•4. Matikan lampu ketika tidak dipakai dan kurangi penggunaan lampu dirumah hingga 45%. Hentikan penggunaan lampu halogen yang panas (karena dapat menjadi penyebab kebakaran). •5. Ganti bohlam ke compact fluorescent dari bohlam incadescent

lalu kurangi 60% penggunaannya dan anda akan menghemat 300Pon CO2 / Tahun

•6. Gunakan transportasi publik

Apa hubungannya dengan rumah yang sehat? Transportasi publik itu lebih murah, mengurangi terjebak dalam kemacetan,dengan begitu pikiran penghuni rumah juga lebih tenang. Rumah yang sehat adalah cermin dari penghuni yang sehat.

•7. Bawalah tas belanja sendiri untuk berbelanja

Dengan membawa tas belanjaan sendiri, maka kita mengurangi konsumsi dan produksi sampah plastik. Rumah-pun  akan lebih bersih dari sampah-sampah kantong plastik yang tersisa.

•8. Jangan menyimpan kardus bekas peralatan

Setelah membeli peralatan elektronik atau barang tertentu, buanglah kardusnya karena hanya akan memenuhi rumah anda dan menjadi sampah. Debu-debu yang akan dihasilkan juga akan membahayakan. Tapi jangan lupa simpan kartu garansinya ya.

•9. Mandi dengan Shower, tidak dengan gayung

Biasakan mandi dengan shower, karena intensitas air yang keluar adalah 1/3 dari  pemakaian bak mandi  dan gayung. Lagipula dengan memakai shower, maka tidak akan ada air menggenang calon sarang nyamuk di bak.

•10. Buka jendela dan pintu rumah setiap pagi

Bukalah jendela Rumah Anda, bersihkan debu-debu dan biarkan udara segar masuk ke rumah anda. Anda kan bukan vampire, semakin banyak udara dan matahari segar masuk kerumah anda, maka semakin tinggi kualitas hidup penghhuni dan rumah pun akan semakin sehat.

Sumber: http://www.membangunbersama.com

gambar: http://4.bp.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s