Ilmu: Berjabat tangan setelah salam dan bertasbih dan istighfar bersama

Berjabat tangan dan terus mengeraskan bacaan dzikir tanpa maksud untuk mengajar ternyata tidak pernah dicontohkan Nabi maupun salafus sholeh, mari kita sucikan kembali ibadah2 keseharian kita.

Assalamualaikumwarohmatullahiwabarokatuh,

Saudara saudariku se iman, saya hanya menyampaikan apa apa yang pernah dilakukan Nabi SAW beserta sahabat tentang tatacara beliau setelah melaksanakan sholat.  Dibanyak kalangan telah menjadi tradisi apabila selesai salam para jemaah berebutan untuk berjabat tangan seraya mengucap “Semoga Allah menerima amalmu”.Menurut para ulama yang tahu tentang hadist,perbuatan ini bukan berasal dari petunjuk Nabi SAW,sahabat dan juga tabi’in.  Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah ditanya tentang berjabat tangan sesudah sholat, apakah perbuatan tsb disunnahkan atau tidak ? Beliau menjawab,”Segala puji bagi Allah,berjabat tangan sesudah sholat bukan perkara yang disunnahkan,bahkan itu merupakan perbuatan bid’ah. Wallahu a’lam.(dalam Al Fatawa,karya Ibnu Taimiyah 23/239)
Selanjutnya Al-Izz bin Abdussalam mengatakan, “berjabat tangan sesudah sholat Subuh dan Ashar termasuk bid’ah,kecuali bagi orang yang baru datang dan bertatap muka dengan orang yang mengajaknya berjabat tangan sebelum mengerjakan sholat.(dalam Fatawa Al-Izz bin Abdissalam hal 46)
Perkara sunnah yang disyariatkan sesudah salam adalah istighfar (meminta ampun) kepada Allah sebanyak 3 kali, membaca dzikir shalat dan menyibukkan diri dengannya, daripada berjabat tangan dengan orang yang ada disampingnya.
Kemudian masalah bertasbih dan istighfar bersama sama setelah sholat, ini juga merupakan perkara baru.  Adapun yang disyariatkan bagi orang yang mengerjakan sholat, seusai sholat adalah hendaknya dan seharusnya setiap orang dari mereka menyibukkan diri dengan berzikir kepada Allah dengan suara perlahan seperti yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW sehingga tidak mengganggu orang yang berada disampingnya.
Adapun ucapan Ibnu Abas r.a. “Sesungguhnya mengeraskan suara ketika dzikir setelah sholat sudah terjadi sejak zaman Nabi SAW”(Bukhari 841-842).
Ibnu Hajar mengatakan” Ibnu Bathal menuturkan,’Didalam hadist (Uthaibah) dari Malik, bahwa ini merupakan sesuatu yang baru…” Imam Nawawi berkata,”Imam Syafi’i memahami hadist ini bahwa para sahabat membacanya secara keras hanya sebentar saja hanya untuk mengajari cara berdzikir, jadi bukan terus menerus membacanya dengan keras. Jadi pendapat yang dipilih ialah bahwa imam dan makmum membaca dzikir dengan cara pelan pelan, kecuali jika diperlukan untuk mengajar”(Al-Fath 2/279)
sumber gambar:

3 thoughts on “Ilmu: Berjabat tangan setelah salam dan bertasbih dan istighfar bersama

  1. hati-hati menyebut bid’ah..jika salah maka akan menyesatkan ummat…tanya dulu kepada ahlinya dengan tidak mengambil kutipan dari sana sini malah mengakibatkan kemaslahatan bagi ummat…wallahualam bishawab…..semoga Allah selalu meridhoi dan memberikan ampunannya kepada ummatnya yang selalu beristighfar dan menyambung silaturrahim sesama ummat…..

    • yupz betul, ini sharing aja kok,.. itu sepertinya hanya kecenderungan aja kok yang maksudnya kalau tidak diluruskan niatnya, maka kebanyakan orang awan kayak kita bisa menganggap berjabat tangan itu bagian dari sunnat sholat. Yang ada benarnya ialah berjabat tangan itu sunnah nabi yang tidak terikat pada sholat saja. Beda di niat aja kok. Smoga bermanfaat.🙂

  2. hati-hati menyebut bid’ah..jika salah maka akan menyesatkan ummat…tanya dulu kepada ahlinya dengan tidak mengambil kutipan dari sana sini malah mengakibatkan kemaslahatan bagi ummat…wallahualam bishawab…..semoga Allah selalu meridhoi dan memberikan ampunan kepada ummatNya yang selalu beristighfar dan menyambung silaturrahim sesama ummat…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s