Kemanakah si Miskin?

Pengemis jalanan

Pengemis jalanan

Matahari kembali meninggi, deras kepulan asap mobil dan motor kembali menyesakkan kota jakarta,.. di bilangan Sudirman,.. di tempatku bekerja yang baru,..

Alhamdulilah, mudah2an bekalku kali ini cukup untuk menjadi bagian dari kelompok yang sukses hari ini.. Amin

Seperti biasa,. merupakan kebiasaan baruku sekarang ialah tidur ayam dimalam hari untuk menjaga adiknya Iqbal yang sampai hari keempatnya sejak dia mulai menghirup udara bebasnya, belum mendapatkan nama yang indah dari ayahnya ini,.. kasihan. Walau demikian, aku salut kepada bundanya yang terus melakoni kesemuanya ini dengan nyaman. Benar-benar tiada duanya memang pengorbanan seorang bunda, sekaligus istri, maupun anak perempuan di satu jasad. Sementara aku yang sudah mulai goyah dalam menjaga kebutuhan Iqbal dan adiknya di malam hari. Maafin aku ya Bunda. Insya Allah aku akan menjadi lebih baik lagi.

Kemudian, tak lama setelah itu berangkatlah diriku yang alhamdulillah, kali ini ditraktir oleh adik istriku untuk urusan administrasi transportasinya. Asik..🙂

pelan2 namun pasti 1, 2 rumah terlampaui. Kemudian gedung2 mulai kita tinggalkan. Walau pelan namun pasti, itulah Jakarta, kota dimana macet merupakan sesuatu yang tak asing lagi.

Dan kubuka mataku,.. :p, sudah dekat dengan halte kuharus turun dari bis sepertinya.

Ah apa itu ?!

Setelah kuturun dari bis, kutapaki itu jembatan penyebarangan, kumulai hantarkan salam dan senyum kepada saudara2ku yang entah sudah berapa lama mereka duduk ditempat itu sambil menengadahkan tangan dan mengharapkan belas kasihan manusia yang lalu-lalang didepannya. Dan aku terhenyak!!

Tak pernah terpikirkan oleh sebelumnya, atau memang aku yang mulai tak peduli terhadap mereka, saudara2ku kaum marginal,. naudzu billahi mindzaalik, bahwa kemanakah mereka pergi untuk memenuhi panggilan alam?

Kulihat di kejauhan seorang anak kecil yang selama ini selalu bersama entah neneknya atau ibunya di atas jembatan penyeberangan ini untuk meminta2 sedang membuang hajatnya di tempat yang sama. Buang air besar pastinya.

Hmm,.. pikiranku langsung tergerak, dan mulailah pertanyaan2 itu berlintasan di depan mataku. Kemanakah hendak dibuang kotoran itu? Apakah dikumpulkan dan dijadikan pupuk kompos bantuan pada tanaman2 yang kebetulan memang ada di atas jembatan penyeberangan itu? Bagaimanakah cara pembersihan dan penyuciannya? Kalau tidak suci, gimana sholatnya?

Subhanallah, Maha suci Allah dari semua ini. Tak ada sesuatu yang sia2 di muka bumi ini. Ketika Allah menunjukkan hal itu kepada kita, melalui media apapun baik itu melihatnya langsung ataupun membaca artikel ini, pasti ada maksudnya. Tinggal Allah nanti akan menanyakannya kepada kita, apa yang sudah kita lakukan untuk memperbaiki keadaan?

Karena Allah selalu menurunkan suatu beban tidak melebihi kadarnya, sudah barang tentu kita semua dapat menjadikan portret Jakarta kita ini menjadi portret yang lebih baik. Wallahu ‘alam.

4 thoughts on “Kemanakah si Miskin?

    • namanya jafam,. beregerak di bidang consultant dan advertising. Gw jadi programmer-nya.🙂 Makasih atas usulan namanya, insya Allah namanya ialah: Alya Fakhira Prabowo..🙂

      Siska lagi dimana? jkt?

  1. engga…stay di jogja sama suami tercinta…
    kemaren dapat info dari kakak ipar yang di sby, mungkin tempat kerja aji bisa ndaftar di http://perakport.co.id/ terus di bagian banner paling bawah ada tulisan lelang.

    Gak tau kenapa namanya lelang gitu. Sebenarya itu program kemitraan. Insya Allah resmi dan transparan.

    Tadinya aku mo ikutan daftar, tapi gak punya CV apalagi PT. Hehehe…Dulu pernah mo bikin tapi keburu bubar.

    Baru mule rajin ngblog ya?

  2. owh begitu, .tadi kalo lg dijakarta mo ngundang ke acara aqiqahan besok untuk Alya. Kalau gitu mohon doanya aja ya.🙂 Salam untuk keluarga dan khususnya untuk Ziyad Syaikhan dari Iqbal Firdaus Prabowo.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s